TIDAR - Tunas Indonesia Raya

Mengapa Bergabung ?

3lovelies

Apa yang membuat organisasi TIDAR berbeda? Silahkan simak testimonial video dari teman-teman pengurus TIDAR dari seluruh Indonesia di sini.

Bergabung Dengan TIDAR

Anggota

Keanggotaan TIDAR terbuka untuk WNI dengan usia kurang dari 35 tahun. Untuk mendaftar, bisa datang langsung ke kantor dan acara TIDAR, atau isi formulir e-registration online.

TIDAR e-Newsletter

tdnews

Ingin tahu apa yang dilakukan oleh teman teman TIDAR kita di Nusantara? Bacalah e-Newsletter TIDAR di sini.

Susu Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia

TIDAR Jalankan Program Revolusi Putih

Telah banyak program bantuan yang diselenggarakan berbagai pihak, untuk satu tujuan yang baik bagi kemajuan nusa bangsa. Sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang peduli pada pentingnya kualitas bangsa yang kokoh, maka Tunas Indonesia Raya atau disingkat TIDAR menjalankan program Revolusi Putih.

Program Revolusi Putih merupakan gerakan untuk meningkatkan konsumsi susu terutama bagi anak-anak di tingkat Sekolah Dasar. Dengan tujuan agar terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan gizi sejak dini.

“Revolusi Putih berupaya memperbaiki gizi tunas bangsa, dengan harapan dapat mengentaskan gizi buruk di Indonesia. Dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia, diharapkan terjadi peningkatan pendidikan dan kesehjateraan sehingga kemiskinan juga dapat dikurangi,” kata Aryo Djojohadikusumo, Ketua Umum TIDAR.

Dalam program Revolusi Putih, tim dari perwakilan TIDAR di seluruh Indonesia akan membagikan satu gelas susu setiap hari ke sekolah-sekolah yang berpartisipasi. Program ini dilaksanakan selama satu tahun penuh. Pembagian susu setiap hari selama setahun diiringi dengan evaluasi triwulan dan semester, yang mencakup faktor intelegensia, faktor jasmani (berat badan, tinggi badan), dan kesehatan.

Survei yang dilakukan Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2011 memaparkan fakta bahwa konsumsi susu di Indonesia paling rendah dibandingkan konsumsi susu di negara ASEAN maupun Eropa. Konsumsi susu masyarakat per kapita per tahun di Cina 24 liter, Vitenam 12,1 liter, Filipina 22,1 liter, Malaysia 22,1 liter, Thailand 33,7 liter, India 42,8 liter, dan Indonesia 11,9 liter. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya lima tetes sehari, masih sangat rendah.
Menurut Ketua Dewan Pembina TIDAR, Prabowo Subianto, tidak mungkin rakyat kita kuat dan cerdas kalau sumber proteinnya tidak baik. Program minum susu gratis bagi anak-anak di sekolah harus diberlakukan di seluruh Indonesia. “Dengan Gerakan Revolusi Putih ini, saya yakin 20 tahun mendatang anak-anak Indonesia akan menjadi generasi yang unggul,” katanya.

Misi TIDAR adalah untuk membangun awal bangsa yang kokoh. TIDAR percaya bahwa bangsa yang kokoh harus dimulai dengan pendidikan. Buku sebagai alat bantu pendidikan memegang peranan penting dalam menambah pengetahuan dan membuka wawasan.


TENTANG TIDAR (TUNAS INDONESIA RAYA)

Tunas Indonesia Raya atau TIDAR adalah organisasi pemuda Indonesia yang berdiri sejak 7 Juli 2008. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk menyerap, menampung dan menyalurkan aspirasi anak-anak muda di Indonesia, agar dapat memberikan kontribusi kepada nusa dan bangsa. Dengan cara yang diinginkan sesuai dengan aspirasi pemuda, bahasa yang dimengerti di antara anak muda, dan dengan gaya dan cara yang disukai anak muda.

TIDAR dibentuk atas dasar kesadaran bahwa anak-anak muda memiliki aspirasi yang amat beragam. Sebagai anak muda Indonesia, sebagai tunas muda, sudah saatnya melakukan sesuatu untuk maju bersama membangun negeri ini. TIDAR mewadahi dan menyalurkan beragam aspirasi tersebut dalam berbagai kegiatan dan aktivitas positif.

Berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan, seperti program ‘Sekolah untuk Semua’ yaitu bantuan pendidikan dimana pengurus-pengurus TIDAR turun langsung mencari “kursi kosong” di sekolah-sekolah dasar lalu menyekolahkan kembali anak-anak putus sekolah. Juga ada program ‘Buku untuk Semua’ berupa bantuan dalam bentuk buku-buku bacaan yang dikumpulkan dalam satu Taman Bacaan TIDAR dan Pustaka Keliling TIDAR.

TIDAR juga memiliki program TIDAR Peduli Bangsa, sebuah program sosial untuk menyalurkan kepedulian pemuda kepada sesama kadang terlupakan oleh masyarakat dan yang mengalami kesulitan. Antara lain kaum lansia, anak jalanan, dan juga korban bencana.

Beberapa kegiatan diskusi atau seminar dengan mendatangkan pembicara ahli pada masing-masing topik juga telah terlaksana. Untuk menjadi seorang tunas bangsa yang kokoh juga ditetapkan kegiatan pelatihan Tunas untuk pengurus di seluruh tanah air.

Dalam bidang olahraga dan seni juga telah terselenggara berbagai kegiatan yang diselenggarakan baik oleh Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, dan Pengurus Cabang antara lain : TIDAR Cup, Garuda Cup, Bersepeda, kompetisi olahraga di daerah-daerah, festival seni, kompetisi fotografi, dan masih banyak lagi.

Saat ini TIDAR telah memiliki berbagai perwakilan di 20 provinsi di Indonesia, yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara.

Dan TIDAR juga memiliki 10 perwakilan cabang yang terbentuk, yaitu: Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Barat, Kota Bogor, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Sukabumi, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Surakarta, dan Kota Yogyakarta.

Slogan TIDAR adalah membangun awal bangsa yang kokoh dan diwujudkan melalui filosofi Lima Cinta. Lima Cinta tersebut adalah Cinta Diri, Cinta Sesama, Cinta Belajar, Cinta Kesantunan, dan Cinta Indonesia.

Comments

Cinta Diri,
Cinta Sesama,
Cinta Belajar,
Cinta Kesantunan, dan Cinta Indonesia.

Sekretariat PP TIDAR

kantor

Jl. RM Harsono No. 54
Ragunan, Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12160
Telp : 021.7807878
Fax : 021.7823098

You are here: Home Berita Susu Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia